Belajar Bahasa Arab

Kesempatan dua tahun itu pun berlalu tanpa berbekas. Kembali diingat-ingat tapi tak berbekas. Aku banyak membolos kelas itu. Awalnya, aku memang merasa kesulitan. Belum pernah mendapatkannya. Sedari kanak-kanak sampai remaja menjelang dewasa. Merasa tidak nyaman dan akhirnya masa bodoh terhadap pelajaran ini.

Menyesal. Selalu saja ini di akhir di setiap pekerjaan yang kau tidak lakukan dengan sepenuh hati. Aku malu sekali. Hal yang paling menohok adalah ketika aku diminta untuk mengucapkan bahasa Arab angka satu sampai dengan sepuluh. Aku tidak hafal. (Beruntungnya kau yang pernah mendapatkan ini sedari kecil)

Aku sadar bahwa kemampuan berbahasaku tidak terlalu bagus. Aku sadar bahwa aku tidak secerdas teman-temanku di asrama ini. Aku sadar bahwa aku tidak akan mendapatkan suplemen bahasa ini di bangku kuliah seperti teman-temanku di universitas Islam. Aku sadar tak ada yang bisa membuatku menguasai bahasa Arab kecuali ada kemauanku dan atas izin-Nya. Aku ber-azzam, insya Allah aku akan mempunyai kesempatan kedua untuk mempelajarinya.

Bahasa Arab: Induk Segala Bahasa

Untuk mempermudah menghafal al Quran, kau perlu bisa bahasa Arab. Sedikit-sedikit tak apa.

Aku lupa bulan apa itu. Kalau tidak salah Juni. Ada info belajar bahasa Arab dengan aplikasi WhatApps. Program BISA, namanya. Gratis. Kita diminta meluangkan waktu minimal satu jam setiap minggunya, kemudian ada tugas yang harus dikerjakan. Tugas berupa hafalan dan tulisan. Audio serta gambar dikirim lewat pesan pribadi ke musyrifah (pemandu) kelompok. Aku mencoba program ini dan hanya bertahan dua minggu saja. Setelah itu saya di dropout karena tidak mengerjakan tugas.

Harapan untuk bisa bahasa Arab, pupus sudah…

Eh… Ada info lagi di WA. Kelas privat bahasa Arab. Ini kelas nyata bukan maya. 😀 Tapi aku bisa nggak ya? Kuliahku gimana nih. Bismillah, insya Allah bisa. Satu kelompok tiga orang. Mba Uti, temanku di Asma Amanina 4; Bu Dina, ibu tiga orang anak; dan aku. Pengajarnya bu Kenyo. Alhamdulillah, sudah berjalan satu bulan.

Tinggalkan Balasan

